A Well Respected Man or Book of Echoes

Editor: Binna Choi dan Wendelien van Oldenborgh
Teks: Binna Choi, Lizzy van Leeuwen, Nuraini Juliastuti, Wendelien van Oldenborgh, Soewardi Soeryaningrat/Ki Hajar Dewantara
Harga: Rp 100.000,00 (belum termasuk ongkos kirim)

Buku ini berangkat dari dua proyek film karya Wendelien van Oldenborgh, yaitu No False Echoes (2008) dan Instruction (2009). Kedua film ini mengangkat fragmen yang tidak banyak dibicarakan dari sejarah kolonial Belanda, terutama hubungan dengan Indonesia. Film No False Echoes membawa audiens untuk memasuki diskusi mengenai hubungan kolonial antara Indonesia dan Belanda melalui teks Soewardi Soeryaningrat yang berjudul “Als ik eens Nederlander was/Seandainya saya orang Belanda”. Dalam pengembangannya kali ini, esai seminal ini menjadi pandu bagi jalannya pertukaran gagasan mengenai persoalan pendidikan masa kini dan cara-cara lain dalam memahami kondisi paska kolonial dan gemanya. Ini dilakukan antara lain dengan menarik arah diskusi ke luar topik korban/kebersalahan (pasca) kolonial dan politik /krisis identitas nasional, menuju konstruksi ranah imajiner transnasional di mana etos dan subjektivitas baru dapat dikembangkan. Buku ini merupakan edisi pertama dari seri Electric Palm Tree Textbook yang diterbitkan oleh Casco.

Wawancara mengenai film No False Echoes bersama Wendelien van Oldenborgh dapat dilihat di link ini. Bagi yang tertarik untuk membeli buku ini dapat datang langsung ke kantor Kunci atau memesan lewat email, editor@kunci.or.id.

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in