Wild Food Storytelling: Diskusi dan Demo Masak

Kamis, 15 Desember 2011, Pukul 15.00 WIB – selesai
di Kunci Cultural Studies Center

Dalam rangka hari Terra Madre, Mantasa menyelenggarakan “Wild Food Storytelling”, rangkaian acaranya adalah: pembacaan cukilan buku Ronggeng Dukuh Paruk dan diskusi di moderatori oleh KUNCI, dan demo memasak santapan dari tanaman liar.

Terra Madre digelar untuk pertama kali oleh Slow Food International pada tahun 2004 dengan diikuti 160 negara yang berbagi visi mengenai produksi makanan yang berbasis ekonomi lokal dan menghargai lingkungan, kearifan tradisional, keragaman hayati dan rasa. Hari Terra Madre adalah sebuah acara yang digelar untuk menghargai pangan lokal dan sekaligus mempertahankan keberagaman pangan, memperkenalkan pendidikan rasa kepada berbagai kalangan masyarakat dan menghubungkan produsen dengan konsumen.

Mantasa adalah organisasi yang melakukan penelitian multidisiplin mengenai tanaman pangan liar dan mencoba untuk mempromosikan kembali konsumsi tanaman pangan liar ke masyarakat. Tahun ini Mantasa mencoba menggabungkan seni sastra dengan isu pangan. Banyak seni sastra Indonesia yang menyebutkan mengenai budaya pangan lokal, namun tidak banyak perhatian diberikan untuk isu pangan di Indonesia.

Menu Demo Masak:
Daun racun/kastuba: kue putu ayu dan dawet
Daun krokot: bothok krokot, sup krokot dan salad krokot.

Untuk info lebih lanjut mengenai terra madre:
http://www.slowfood.com/terramadreday/filemanager/kit/eng/organizers_info.pdf

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in