Repurposing #1: Musik Indonesia

cover1Rabu, 2 Juni 2010, pukul 14.30
di KUNCI Cultural Studies Center
Jl. Nagan Lor No.17, Patehan, Kraton

Repurposing adalah workshop pertama dari proyek Biografi Keaslian. Biografi Keaslian adalah salah satu proyek KUNCI Cultural Studies Center, bertujuan untuk membahas mengenai konsep keaslian dan bentuk praktik menyalin (copying) yang selama ini terjadi di sekitar kita.

Workshop Repurposing #1 akan membahas mengenai praktik-praktik penggunaan kembali dalam sejarah musik Indonesia. Penggunaan kembali dapat ditelusuri dari segi musik dan penampilan. Kemunculan band-band cover version, parodi, pengadaptasian gaya retro, kasus plagiarisme, adalah beberapa contoh yang berkaitan dengan praktik penggunaan kembali di musik Indonesia.

Selain membahas isu tersebut, workshop ini juga merupakan sebuah ruang kerja terbuka dalam penyusunan peta praktik repurposing dalam musik Indonesia. Mulai dari tanggal 2 Juni hingga 2 Juli 2010, di perpustakaan KUNCI, tersedia peta dinding mengenai praktik repurposing dalam sejarah musik Indonesia. Setiap orang dapat menambahkan apapun, baik poster, kaset, ataupun komentar, ke dalam peta tersebut. Peserta workshop Repurposing #1 mendapatkan kesempatan awal untuk berkontribusi dalam peta ini, sebelum dibuka untuk partisipasi umum.

Narasumber dalam workshop kali ini adalah Indra Ameng. Indra Ameng akan berbagi cerita mengenai praktik repurposing dalam musik indonesia, terutama di era 90an dan manifestasinya dalam berbagai bentuk. Indra Ameng adalah manajer band White Shoes and The Couples Company dan koordinator program pameran Ruang Rupa.

(keterangan gambar: cover kaset album Wakuncar milik grup Duren-Duren, 1985)

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in