Rabbit Hole Theory Seri Kolaborasi: Artificial Hells

Rabbit Hole Theory Seri Kolaborasi: Artificial Hells

Kolaborasi telah diterima sebagai bentuk sikap politis yang diambil oleh seni. Dengan mengaktifkan posisi audiens, atau bekerja sama dengan anak-anak, remaja, kelompok minoritas, dan bagian masyarakat lainnya, seniman dapat mempromosikan relasi sosial baru yang emansipatif. Dalam artikelnya di Artforum, The Social Turn: Collaboration and Its Discontents (2006), Claire Bishop secara kritis melihat tikungan sosial dalam seni kontemporer juga menandai tikungan etika dalam kritik seni. Proyek-proyek seni kolaboratif lebih banyak dibahas dengan nilai-nilai etis, mengenai posisi seniman dan kolaborator (misal perbandingan excecutor/co-creator atau kecenderungan eksotisme atas kelompok marjinal tertentu).

Padahal, menurut Bishop, proyek-proyek ini juga perlu untuk dikritisi secara estetika. Kritik ini perlu dibangun dengan melihat kriteria sosial politik dan estetika secara bersamaan, daripada mencampurkan keduanya dalam etika atau melihatnya sebagai dua hal berlawanan. Argumen inilah yang dielaborasi secara lebih jauh oleh Claire Bishop dalam buku Articial Hells (2012). Dalam buku ini, Bishop menelusuri trajektori seni di abad ke-20 dan memeriksa peristiwa-peristiwa kunci dalam pengembangan estetika partisipatif. Mulai dari Futurisme dan Dada hingga gerakan seni komunitas, Bishop juga mendiskusikan proyek-proyek pendidikan jangka panjang dari seniman kontemporer seperti Thomas Hirschhorn, Tania Bruguera, Pawet Althamer dan Paul Chan.


Untuk Rabbit Hole Theory kali ini, Kunci Cultural Studies Center mengajak anda untuk terlibat dalam kelompok baca buku Articial Hells oleh Claire Bishop. Kegiatan kelompok baca ini terdiri atas sepuluh pertemuan yang sesuai dengan jumlah bab dan diadakan satu kali setiap dua minggu. Dalam setiap pertemuan, seorang partisipan akan membahas satu bab dalam buku Artificial Hells. Setiap partisipan inti juga akan diberikan buku catatan yang dapat digunakan untuk menandai poin penting dalam buku atau mendokumentasikan ide-ide yang muncul. Di akhir pertemuan, beberapa bagian terpilih dari buku catatan partisipan akan diunggah ke situs Kunci, sebagai hasil akhir dari Rabbit Hole Theory. Partisipan juga dapat memilih bentuk hasil akhir lainnya, seperti review atau esai.

Jadwal
(Kepastian tanggal dan waktu untuk tiap pertemuan, akan diumumkan melalui halaman Facebook Kunci Cultural Studies Center, milis dan Twitter @editorkunci)
9 April 2013 : Pengantar dan Bab 1, The Social Turn: Collaboration and Its Discontents Minggu 4, April 2013: Bab 2, Artificial Hells: The Historic Avant Garde
Minggu 2, Mei 2013: Bab 3, Je participate, tu participates, il participate . . .
Minggu 4, Mei 2013: Bab 4, Social Sadism Made Explicit
Minggu 2, Juni 2013: Bab 5, The Social Under Socialism
Minggu 4, Juni 2013: Bab 6, Incidental People: APG and Community Arts
Minggu 2, Juli 2013: Bab 7, Former West: Art as Project in the Early 1990s
Minggu 4, Juli 2013: Bab 8, Delegated Performance: Outsourcing Authenticity
Minggu 2, Agustus 2013: Bab 9, Pedagogic Projects: ‘How do you bring a classroom to life as if it were a work of art?’
Minggu 4, Agustus 2013: Kesimpulan

Aturan
1. Setiap forum terdiri atas partisipan inti dan partisipan umum. Setiap partisipan inti akan mendapat giliran untuk membahas tiap bab dalam buku dan diwajibkan aktif dalam diskusi. Partisipan umum dapat ikut serta dalam diskusi atau menjadi pendengar. Baik partisipan inti maupun umum, diharuskan untuk membaca buku Artificial Hells atau minimal bab yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.
2. Jumlah partisipan umum dibatasi 5 orang dalam tiap pertemuan. Setiap partisipan umum diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui e-mail, editor@kunci.or.id.


Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in