Putaran Pertama Anonymous Writers Club

webanonymous Hasil karya penulis anonim di daerah dekat Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta, pada pertengahan tahun 2009.

Putaran pertama dari Anonymous Writers Club, hingga hari ini, Senin, 18 Januari 2009, masih tetap berlangsung. Pada pertengahan putaran pertama ini, telah masuk 26 kiriman. Dari 26 kiriman ini, kami mengelompokkan ke dalam dua kategori.

Kategori pertama adalah kiriman-kiriman yang saling berkaitan. Dalam kategori ini, terdapat tiga tema cerita. Cerita pertama diawali dengan kalimat “Aku ingin bertemu Annelis Mellema.”. Cerita kedua diawali dengan kalimat “Aku hanya sepasang kaki.”. Cerita ketiga diawali dengan “Aku ingin jadi pacar kamu.”.

Kategori kedua adalah kiriman-kiriman yang tidak memiliki lanjutan atau berdiri sendiri. Dalam kategori ini, terdapat 11 kiriman. Kiriman-kiriman ini juga memiliki tema yang beragam, mulai dari ingin terbang, menanak nasi hingga memasak bos sendiri.

Kedua kategori ini merupakan bentuk usaha yang muncul dari para partisipan untuk membuat sebuah narasi kolektif. Dan untuk kelanjutan putaran kali ini, kami berharap munculnya bentuk-bentuk respon yang lain. Selain dalam bentuk kata-kata, para partisipan dapat merespon kalimat “Aku ingin..” dalam bentuk foto, cerpen, atau bahkan lagu. Segala bentuk respon diperbolehkan, asalkan masih berkaitan dengan ide utama.

Hasil-hasil kiriman dari para partisipan yang telah terkumpul, dapat diunduh dalam bentuk pdf, lewat link ini. Putaran pertama ini akan berlangsung hingga 28 Februari 2010. Jangan ragu ataupun bimbang untuk tetap berpartisipasi! Bagi yang belum pernah berpartisipasi, silahkan lihat di web anonymous writers club.

Anonymous writers club merupakan sebuah forum online interaktif yang dibuat untuk mengundang partisipasi publik secara kolektif dalam membuat sebuah bentuk literatur yang didasarkan pada logika naratif yang tidak terbatas. Partisipasi dapat berbentuk teks, gambar ataupun audio yang digunakan untuk merespon ide utama dari setiap putaran. Tahap akhir proyek ini adalah publikasi dari empat bentuk hasil kerja anonim yang berbeda dan catatan kritis mengenai proses produksi kreatif secara kolektif.

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in