Panggilan terbuka Sekolah Salah Didik angkatan 2

1537547176358_IG KUNCI (2)

Bayangkan tubuhmu adalah suatu komponen elektronika. Tangan kakimu berjuntai kabel terkelupas. Bagaimana jika kita berjajar saling berkait lilit-melilit, mengatur keluar masuk arus dan tegangan? Menyetrum; membikin konslet atau mengalirkan daya. Kita tidak memproduksi listrik tapi sesuatu yang lain. Atau bisa juga listrik, dan sesuatu yang lain.

Bayangkan sekolah sebagai sirkuit yang belum selesai. Tidak ada yang otomatis jadi. Terima bongkar terima pasang. Sekolah bukan pabrik yang produksi bermacam jenis sekrup untuk jalankan fungsi tertentu di masyarakat. Bagaimana jika kita merancang rakitan yang sistem kendalinya bisa dikontrol bersama? Tubuh-tubuh kita merangkai pola semrawut yang tata maknanya mungkin baru bisa diuraikan belakangan. Perangkat pengetahuan apa yang bisa kita buat dari pengalaman belajar bersama?

Panggilan terbuka untuk angkatan kedua Sekolah Salah Didik 2018-2019

Kami, angkatan perintis Sekolah Salah Didik, akan melanjutkan eksperimen belajar bersama dan membuka kesempatan partisipasi untuk angkatan kedua. Pertanyaan awal kami: bagaimana pengetahuan diproduksi, diteruskan, dibagikan, dan dikelola bersama dalam sekolah yang dirancang sebagai sebuah sirkuit?

Selama satu tahun terakhir angkatan perintis telah mempraktikkan dua metode belajar yang terinspirasi dari model pendidikan emansipatif Jacotot dan model kerja Turba (turun ke bawah). Untuk satu tahun ke depan, Sekolah Salah Didik akan mengujicobakan model nyantrik dan sistem belajar Taman Siswa untuk merakit perangkat transmisi pengetahuan yang berbeda dengan operasi sistem disiplin sekolah formal.

Kami memanggil kalian yang tertarik dengan kerja ulang-alik antara teori dan praktik, ingin berada dalam medan pertukaran gagasan yang intens, atau mencari sekutu untuk membuat sesuatu bersama .Apa yang dipelajari di Sekolah Salah Didik akan tergantung dari komposisi pengalaman, pengetahuan, keahlian dan keingintahuan yang dibawa tiap-tiap orang. Kami mencari kalian yang ingin terlibat mengambil bagian sebagai komponen-komponen aktif untuk merangkai sirkuit pengetahuan bersama Sekolah Salah Didik.

Rujukan teknis:

–  Sekolah Salah Didik akan beroperasi secara longgar seminggu sekali selama satu tahun (Oktober 2018 – Oktober 2019) dengan tempat dan durasi pertemuan sesuai kebutuhan dan kesediaan partisipan.

–  Partisipan diutamakan berdomisili di Yogyakarta. Bagi yang berdomisili di luar Yogyakarta, dapat mendaftar untuk bergabung sebagai siswa residen.

–  Uraikan cerita tentang dirimu dan hal-hal yang kamu pedulikan selama ini. Bagaimana kamu ingin (atau telah) mempelajarinya? Kirim ke editor@kunci.or.id sebelum tanggal 5 Oktober 2018

–  Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang panggilan terbuka ini kontak 085921298000 (Nisa) atau 088806070087 (Niki).

 

Cerita, catatan dan dokumentasi Sekolah Salah Didik angkatan perintis dapat disimak di http://sekolah.kunci.or.id, akun Instagram @cikunci #sekolahsalahdidik

Refleksi hasil belajar Sekolah Salah Didik akan terbit akhir tahun ini.

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in