Megamix Militia

MEGAMIX-MILITIA-LOGO-LANDSCAPE-WEB

Megamix Militia merupakan bagian dari proyek riset eksperimental berdurasi dua tahun berjudul “Konvergensi Media dan Teknologi di Indonesia: Sebuah Tinjauan Perspektif Budaya” yang diadakan oleh KUNCI Cultural Studies Center. Proyek ini bertujuan untuk melakukan eskplorasi atas bagaimana budaya lokal mengapropriasi perkembangan media dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana praktek keseharian dari teknologi informasi menawarkan kemungkinan dan tantangan baru pada perubahan sosial budaya di Indonesia.

Secara khusus, Megamix Militia didesain untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis seputar otentisitas, orisinalitas, kebaruan, serta melakukan eksperimen dan pencarian bentuk-bentuk alternatif produksi budaya dalam konteks perkembangan media dan teknologi yang berperan sebagai salah satu jalur utama produksi, persebaran, dan akumulasi produk pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa musisi dan videomaker akan diundang untuk berpartisipasi dalam melakukan mixing atas musik/video berhak-cipta yang telah ada, saling berbagi mengenai karya yang dikerjakan dan menciptakan sebuah karya yang baru.

Diharapkan sekitar 20 musisi/pembuat video akan terlibat dalam kegiatan yang didesain untuk masa kerja dua tahun ini. Jumlah total keseluruhan yang telah diakumulasi akan ditinjau setiap lima bulan. Setiap angkatan terdiri dari lima partisipan dan diharapkan untuk menghasilkan karya dengan mengapropriasi musik/video yang tersedia.

Pada tahap akhir, semua musik yang diproduksi akan dirilis dalam album kompilasi Music Beyond No Borders oleh Yes No Wave Music (www.yesnowave.com). Sementara semua video yang diproduksi akan dirilis dalam kompilasi Video Battle Series: Remixed version (www.video-battle.net). Duration: 4 x 5 bulan (September 2009-September 2011)

Please check out the website for further info

About author
Wok The Rock is a media artist live and work in Yogyakarta, Indonesia. He also runs a netlabel (internet-based records label) Yes No Wave Music.
Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in