Kreasi, Kolaborasi, Intervensi: Kerja-kerja Ruang Publik di Kota

Public Culture Series Agustus 2009

pcs-space-project-220809

Kreasi, Kolaborasi, Intervensi: Kerja-kerja Ruang Publik di Kota

Dalam edisi Public Culture Series KUNCI kali ini, tema kerja ruang publik dipilih sebagai bingkai masuk ke dalam sebuah proyek kolaborasi yang berjudul SPACE/SCAPE: Reproduksi Alun-alun sebagai Ruang Sosial.

Sebagai gambaran umum, proyek yang diselenggarakan secara bersama oleh KUNCI Cultural Studies Center, Teater Garasi dan Arts Newtork Asia, merupakan sebuah eksplorasi atas isu ruang, khususnya mengangkat Alun-alun Yogyakarta berikut peristiwa sosial yang berlangsung di dalamnya, melalui pendekatan penelitian sosial yang dikolaborasikan dengan eksperimentasi artistik. Kerja kolaborasi yang dijadwalkan selama 6 bulan ini, dengan hasil presentasi proyek yang akan dilakukan di akhir, yaitu Oktober 2009 pada saat ini sedang memasuki tahap penelitian lapangan dan realisasi gagasan. (detil mengenai konsep dan jalannya proyek ini selalu di-update di blog ini).

Diskusi yang kami selenggarakan kali ini merupakan salah satu bagian penting dalam proyek yang sedang berjalan, terutama untuk menajamkan pengamatan, fokus eksplorasi dan realisasi proyek, sekaligus membagi kepada publik tentang apaa-apa yang sedang berlangsung serta menjaring masukan dan partisipasi yang lebih luas.

Tema diskusi sengaja kami rancang dalam konteks yang lebih umum, (tidak terpaku pada Alun-alun sendiri) agar dapat mengantarkan perbincangan pada terhadap bagaimana wacana ruang publik bekerja dan dihidupi oleh masyarakat sehari-hari. Diturunkan menjadi pertanyaan-pertanyaan teknis, maka persoalan yang sekiranya bisa menjadi acuan di diskusi ini adalah:

– Bagaimana ruang menjadi publik? Apa kaitannya dengan pembentukan ruang privat; kultur lokal; ingatan, perencanaan, pengalaman dan arsitektur kota; kekuasaan negara dan modal; praktik kesenian serta intervensi dan interaksi sosial?

– Bagaimana membaca ruang publik sebagai teks bersama? Bagaimana menyikapi ruang publik sebagai media bersama?

– Bagaimana isu perubahan ruang publik merepresentasikan kritik mengenai perkotaan, dan kritik sosial secara umum? Bentuk-bentuk intervensi apakah yang dimungkinkan dalam mendiskusikan penciptaan/ perubahan ruang publik di konteks lokal Yogyakarta?

Narasumber :

1. Ilya F. Maharika; 2. Samuel Indratma

Moderator : Yoshi Fajar K.

Tempat : Perpustakaan KUNCI, Jalan Nagan Lor 17, Yogyakarta

Pelaksanaan : Sabtu, 22 Agustus 2009, Jam 16.00 WIB – selesai

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in