Buklet Kata Kunci Praktik Teknologi Vernakular di Indonesia

Buklet Kata Kunci Praktik Teknologi Vernakular di Indonesia lahir dari Kultur Cell–sebuah proyek penelitian yang bertujuan untuk menelusuri praktik-praktik sosial baru yang tercipta dari penggunaan handphone. Kultur Cell merupakan bagian dari proyek riset payung “Konvergensi Media dan Teknologi di Indonesia: Sebuah Perspektif Budaya” yang dilakukan oleh Kunci Cultural Studies Center dan didukung oleh Ford Foundation. Proses penelitian berlangsung selama 2010, dan didokumentasikan dalam http://kulturcell.kunci.or.id/. Penelitian kami berlangsung di Indramayu, Pati, Lombok, Makassar, dan Batam.

sampul-buklet

 

Buklet ini adalah ringkasan hasil penelitian, yang menyajikan serangkaian kluster kata kunci, dan menggambarkan wilayah serta momen, dimana mobilitas muncul sebagai konsep dan pengalaman yang dibayangkan, bertransformasi menjadi beragam bentuk infrastruktur, dan tertangkap sebagai taktik dalam relasi intimasi. Kata kunci di buklet ini bersifat vernakular dan informal. Mereka memberi pandangan mendalam tentang konteks historis, situasi, dan penyimpangan.

admin

 

Teknologi selalu berkembang dengan terlalu cepat. Perkembangan konsep dan kata kunci terkait pemakaian teknologi berkembang pesat. Konsumsi kemajuan teknologi selalu berkelindan dengan proses budaya yang melingkupinya. Penerbitan buklet ini bertujuan untuk menambah sumber pengetahuan tentang teknologi dan masyarakat di Indonesia. Selain itu, kami juga ingin agar buklet ini berkembang sebagai sumber pengetahuan yang relevan. Untuk mencapainya, buklet ini memuat beragam kata kunci, yang saat penelitian kami jalankan, belum mencapai puncak maksimal penggunaannya. Dengan demikian, buklet ini bisa dibaca sebagai ruang untuk mendokumentasikan temuan-temuan penelitian. Selain itu, ia adalah juga sarana untuk membantu memahami perkembangan terbaru seputar dinamika manusia dan teknologi. Pembacaan dari satu lema ke lema lainnya akan membawa ke pemahaman tentang apa yang baru, kontradiksi, dan apa yang menetap dalam wacana teknologi informasi di konteks lokal. Materi elektronik dari buklet bisa diunduh di sini: Buklet Kata Kunci Praktik Teknologi Vernakular di Indonesia

Tim penelitian Kultur Cell adalah Nuraini Juliastuti, Ferdiansyah Thajib, Antariksa, Yuli Andari Merdikaningtyas, dan Syafiatudina. Buklet ini disusun oleh Nuraini Juliastuti dan Fiky Daulay. Seluruh ilustrasi buklet dikerjakan oleh Prihatmoko Moki. Desain buklet dikerjakan oleh Antariksa.

 

Submit your comment

You must be logged in to post a comment.

KUNCI Cultural Studies Center • Licensed under Creative Commons BY-NC-SA

Log in